Kamis, 05 September 2013

Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan

Sejak dulu, manfaat air beras memang sudah terbukti. Selain mengandung khasiat yang baik bagi kulit, seperti melembabkan, antikuman dan mencerahkan kulit, cairan putih ini pun dipercaya mampu menyuburkan tanaman di rumah. Semua ini karena air cucian beras memiliki kandungan protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula dan banyak vitamin.

Wanita jepang yang terkenal dengan kehalusan wajah dan kulitnya yang putih ternyata sudah lama memanfaatkan air beras untuk mencuci muka atau wajah. Bahkan sebagian ada yang memanfaatkan air beras untuk mandi, karena sifat air beras yang bisa membuat kulit wajah menjadi bersih dan cerah. Karena manfaat yang luar biasa itu, sekarang banyak produk ekstrak beras yang dicampur dalam kosmetik tabir surya, lotion bagi tangan dan kaki, juga kondisioner rambut. Ekstrak beras juga banyak digunakan sebagai campuran bedak, perona bibir, dan produk kecantikan lainnya.
Cara membuat air beras tidaklah sulit. Ini dia langkah-langkah membuatnya.
Bahan
  • 1/4 kg beras
  • air untuk mencuci beras
  • wadah beras, wadah air cucian beras dan saringan
Cara Membuat:
  1. Masukkan beras ke dalam wadah beras, cuci dengan air, dan saring airnya di wadah untuk air beras.
  2. Lakukan pembersihan ini selama tiga kali.
  3. Masukkan air beras ke dalam botol 600 ml dan botol ukuran 1 liter.
  4. Air beras siap digunakan.
Air beras sebanyak 600 ml ini bisa digunakan sebagai toner alami yang baik untuk pengontrol kelembaban kulit. Sedangkan air beras yang lebih encer, yakni 1000 ml, bisa digunakan untuk mandi agar kulit cerah dan halus. Sisanya bisa digunakan untuk menyiram tanaman.
Selain itu, pati air cucian beras bisa dimanfaatkan untuk masker. Endapkan air cucian beras selama beberapa saat hingga muncul endapan pati beras. Pisahkan dari airnya dan gunakan endapan pati beras tersebut ke raut wajah seperti sedang menggunakan masker. Bisa juga digunakan.
Orang jawa dahulu memanfaatkan air beras untuk lulur, seperti lulur jawa yang terbuat dari bubuk beras dan juga rempah-rempah herbal.Beras mengandung zat oryzanol, yang bermanfaat dapat memperbarui perkembangan dalam pembentukan pigmen melanin, juga efektif dalam menetralisir dampak buruk sinar ultraviolet.
Selain beras putih, beras merah dan beras hitam juga bisa dimanfaatkan. Perbedaan jenis beras ini bisa menyesuaikan dengan jenis kulit. Misalnya beras putih untuk kulit normal cenderung berminyak. Untuk semua jenis kulit, bisa digunakan beras hitam. Beras merah lebih cocok untuk kulit normal cenderung kering.
Air cucian beras yang disimpan dalam botol bisa digunakan dalam jangka waktu sekitar satu minggu jika disimpan dalam kulkas. Namun agar siap pakai, sebaiknya tidak dibekukan.
Bila Anda mendambakan kulit yang kinclong dan halus, tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan air beras. Selain alami, bila digunakan secara rutin, Anda tentu bisa tampil cantik tanpa kebobolan kocek.
Manfaat air beras lainnya adalah untuk mengobati diare bayi dan balita. Untuk keperluan ini, air beras dimasak dulu. Air beras yang telah dididihkan dinamakan air tajin. Air tajin lebih baik dibandingkan oralit, lantaran mengandung glukosa polimer yang mudah diserap.
Selain mudah dicerna, air tajin juga mengandung kadar glukosa cukup tinggi, yang mempermudah penyerapan elektrolit. Selain itu, dua macam poliglukosa dalam tepung tajin dapat menyebabkan feses lebih padat. Keuntungan lain air tajin adalah adanya kandungan proteinnya, yakni 7 – 10 %. ***
Sumber : http://dagoeng.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih infonya, tapi tahu tidak beras merah juga bermanfaat untuk kecantikan kult anda, mampir aja deh ke blogku

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik dan saran dengan baik dan sopan,, ^_^